Ayo Ngaku, Kamu Pernah Belanja Online di Jam Kerja kan?



SUKABUMIRAYA - Hari Belanja Online Nasional atau Harbolnas akan berlangsung selama tiga hari mulai Senin-Rabu, 12-14 Desember di 2016. Pesta Belanja Online Nasional ini akan berlangsung untuk kelima kalinya di Indonesia.

"Berdasarkan survei, konsumen Indonesia berencana melakukan transaksi belanja  di jam 09.00 sampai 12.00," kata Indra Yonathan Country Manager Shopback Indonesia di Asia Tale Jakarta, Selasa 6 Desember 2016. Sebanyak 31,2 persen konsumen menyatakan berencana melakukan transaksi pada pagi menuju siang hari. 

Image result for belanja online

Jawaban responden survei ini menurut Yonathan menunjukkan kesesuaian dengan pola belanja konsumen di Harbolnas tahun sebelumnya. "Orang Indonesia memang suka berbelanja saat Harbolnas di jam kantor, transaksi tertinggi terjadi sekitar pukul 09.00 hingga 12.00," kata dia.

Data survei yang dimiliki Shopback menunjukkan bahwa aktivitas transaksi akan menurun pasa siang, sore, hingga malam hari. "Kalau di Indonesia, trafik belanja online tinggi saat jam kerja. Di Singapura sebaliknya, aktivitas berbelanja online lebih banyak usai pulang kerja," kata Yonathan. Dari temuan ini, dia menduga konsumen Singapura lebih disiplin dalam penggunaan waktu bekerja.

Aktivitas berbelanja tertinggi kembali terjadi pada tengah malam antara pukul 24.00 hingga 06.00. "Malah semakin meningkat karena di jam ini akan terjadi banyak program promosi yang menarik," kata dia. Angka peningkatan transaksi di tengah malam juga disebutkan sesuai dengan fakta di lapangan, di mana situs perdagangan online kerap bermasalah di jam ramai tengah malam lantaran ketidaksiapan lonjakan pengunjung.

Yonathan menjelaskan survei online Shopback dilakukan pada pekan terakhir November 2016. Shopback melakukan survei online yang diikuti oleh 2.734 responden.

Sumber: tempo.co - https://goo.gl/Ig9nGn 

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.